Kamis, 25 Juli 2019

Bahagianya mengikuti Virtual Coordinator Training (VCT) Batch 4

Baru beberapa hari yang lalu, saya bersyukur sekali telah menerima sertifikat internasional 39 jam dari SEAMEO Secretariat Bangkok, Thailand. Sertifikat ini merupakan hasil dari pelatihan Virtual Coordinator Training (VCT) Batch 4 VCI 83.2 Sumut 1 di Bulan Juni 2019 lalu. pelatihan ini kurang lebih sebulan lamanya.

Walaupun sebentar namun manfaat yang didapat sangatlah banyak. Pengalaman saya mengikuti VCT Batch 4 ini sangat berkesan, apalagi seperti saya yang masih awam mendengar kata Webex, Presensi, Flyer dsb. 

VCT merupakan pelatihan berbasis teknologi yang menggunakan jaringan internet dan aplikasi webex. Dimana uniknya pelatihan ini, kita tidak bertatap muka dengan instruktur maupun peserta lainnya, cukup melalui dunia maya kita bisa sharing ilmu dsb. Dengan bantuan aplikasi Webex memudahkan kita dalam berkomunikasi, yang penting jaringan internet stabil pasti Vicon akan lancar jaya. Jadi teringat saat saya tampil jadi presenter, "Halloo.. Bpk/ibu dengar suara saya tidak?" Ada juga saat saya jadi peserta yang tiba-tiba terhempas keluar room, ingat juga saat lagi asyiknya mendengar materi, ada peserta yang masuk dan langsung gaduh roomnya, karena belum mematikan mic saat join di webex, lalu moderator mengingatkan host "tolong mic ny ditutup y". Ada juga peserta yang harus naik gunung dulu demi mendapatkan sinyal dan masih banyak lagi kenangan-kenangan saat vicon. 

Adapun dengan flyer dan presensi, dimana dengan mengikuti VCT, saya yang tidak mahir membuat banner/spanduk, logo dsb menjadi sangat mudah bahkan sangat mengasyikan karena banyak aplikasi yang memudahkan kita membuat poster seperti postermywall, canva dsb, padahal saya hanya tahu membuatnya di Photoshop. Presensi yang biasanya saya hanya tahu mengisi saja, namun dengan mengikuti pelatihan di VCT ini saya bahkan dengan mudahnya membuat absen online dan dapat dibuat semenarik mungkin dengan bantuan seperti aplikasi Zoho, Google Form, Jotform dsb. 

Dan yang paling berkesan di VCT ini selain menambah ilmu juga menambah teman, ada yang sesama warga Binjai tempat saya tinggal, warga medan, karo, nias bahkan beberapa dari jawa dan pulau lainnya. Dan di VCT ini saya dipertemukan dengan Bapak Koordinator Wilayah Sumut yang super yakni Bapak Moel Harahap, para instruktur yang hebat yang selalu menemani kami sampai titik darah penghabisan.. hehehee Adapun instruktur kami yang terkenal dengan panggilan bidadari dari gunung, bu Dewi Setiawati dari Karo, Bapak yang terkenal dengan Jargon "Berbagi itu Indah" yakni pak Yasman Hulu dr Nias, ada juga Bu Supraba Ika, Bu Siti Marlina, Bu Milyarda, Pak Yovi, Pak Fajar dan Pak Romulus yang semuanya sangat-sangat setia dan sabar dalam membantu kami. Begitu juga dengan para peserta VCT Batch 4 Sumut 1 yang super ceria seperti Bu Jamilah, Bu Armaini yang super, Pak Surya yang paling rajin, Pak Kuasan, Pak Bobby, Pak Zega, Pak Rio Bu Reny, Bu Atiqah, Bu Juni dll yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu karena mereka semua guru yang luar biasa hebat. 

Begitu banyak kenangan yang saya lewati saat pelatihan VCT Batch 4 yang belum saya ungkapkan, semoga Bapak/Ibu Guru yang membaca blog saya ini termotivasi untuk mengikuti pelatihan VCT Batch 5 yang akan diadakan sekitar akhir bulan Juli ini. Bagi peserta yang ingin mencoba VCT Batch 5, bisa dengan cara mengklik link berikut ini :
http://bit.ly/Daftar_VCT_Batch_5_Sumatera

Mari Bapak/Ibu Guru sekalian, jadilah Guru yang maju dan tetaplah semangat dalam membangun Pendidikan Indonesia ini. Salam Guru Hebat Nusantara.

1 komentar: